My Hiking Gear List: Daftar Perlengkapan Mendaki Gunung

“Kalau naik gunung bawa apa aja, sih?”. Mungkin pertanyaan ini yang sering terpikir ketika baru pertama kali naik gunung. Mendaki gunung adalah kegiatan ekstrim, persiapan yang baik tentu akan sangat membantu kenyamanan dan keamanan selama kita mendaki. Selain melatih fisik, mempersiapkan perlengkapan dan peralatan mendaki gunung dengan baik dan benar juga harus diperhatikan.

Berikut ini adalah daftar perlengkapan mendaki gunung yang sering saya bawa/pakai selama mendaki gunung.

PERLENGKAPAN PRIBADI:
Carrier atau Tas Gunung

deuter_aircontact_pro_60_15
Tas gunung penting karena fungsinya sebagai tempat semua perlengkapan dan peralatan selama mendaki gunung lain. Menurut saya, memilih tas gunung tidak mesti yang besar kapasitasnya, tergantung kebutuhan kita sebagai pemakai. Tapi juga jangan terlalu kecil. Selain perlengkapan pribadi, pastikan masih cukup ruang untuk perlengkapan kelompok. Dan kalau bisa beli juga coverbag-nya untuk melindungi tas dan isinya ketika hujan.

Jaket Gunung

tnf_aqgd_q0q_14
Gunung itu dingin. Jaket gunung akan membantu mengurangi rasa dingin dan menjaga panas tubuh kita. Apa harus jaket gunung? Saran saya, YA! Desain jaket-jaket gunung biasanya sudah disesuaikan dengan kondisi-kondisi ekstrim yang mungkin dihadapi pendaki selama berada di gunung. Biasanya saya membawa lebih dari satu jaket untuk berjaga-jaga.

Sepatu/Sandal Gunung

236603_ts
Biasanya sepatu/sandal gunung memiliki sol yang berbeda dengan sepatu/sandal biasa. Hal ini menyesuaikan dengan kondisi gunung yang dinamis sehingga lebih memudahkan dalam melangkah.

Sleeping Bag

deuter20trek20lite2020020sleeping20bag203730010400
Membawa sleeping bag hukumnya WAJIB! Setidaknya untuk saya. Karena benda ini akan sangat membantu mengurangi dingin ketika kita tidur di gunung, meskipun sudah di dalam tenda.

Matras

matras_gulung_sponge_hitam_polos_1647172_1429003974
Matras ini berfungsi sebagai alas tidur atau alas duduk agar lebih nyaman. Karena biasanya permukaan tanah di tempat camp tidak selalu rata. Saat ini saya menggunakan matras gulung warna hitam. Kalau ada budget berlebih mungkin bisa coba beli matras tiup yang lebih empuk.

Sarung Tangan, Kaos Kaki, Kupluk, Masker/Buff

sarungtanganpolar01-800x800
Saran saya, bawa perlengkapan ini lebih dari satu (pasang). Selain untuk cadangan ketika basah atau kotor, pengalaman saya memakai satu kaos kaki/sarung tangan kadang masih terasa dinginnya.

Pakaian Trekking dan Ganti
Hindari menggunakan pakaian berbahan katun selama mendaki, karena sifat katun yang menyerap keringat tapi sulit menguapkannya sehingga pakaian akan terasa basah. Pakaian basah akan meningkatkan risiko kedinginan/hipotermia di atas gunung. Bawa pakaian ganti secukupnya sesuai dengan lama pendakian dan segera ganti pakaian basah dengan pakaian kering jika diperlukan.

Headlamp/Senter

7led-headlight_lores-copy
Sangat dibutuhkan ketika kondisi mulai gelap. Saya sendiri lebih suka menggunakan headlamp daripada senter karena menjadikan tangan lebih bebas untuk bergerak.

Jas Hujan/Ponco
Ini opsional. Saya sering membawanya ketika mendaki meski bukan musim hujan. Dan agar tidak terlalu berat, saya bawa jas hujan kresek yang tipis itu.

Trekking Pole

20101bef-6942-43b7-b371-8af805d395d9
Trekking pole ketika mendaki gunung sebenarnya pilihan, tapi saya sangat menyarankan untuk memakainya. Selain dapat mengurangi beban kaki, penggunaan trekking pole juga memberikan keseimbangan baik ketika mendaki maupun turun.

Tas Kecil/Selempang
Saya sering membawa tas kecil tambahan saat mendaki untuk membawa barang-barang printilan seperti HP, baterai cadangan, madu/coklat, dan obat-obatan pribadi.

Gaiter

c9f485504f2e27833891d1af57745bcf
Gaiter ini digunakan untuk melindungi sepatu agar tidak kemasukan pasir ketika melewati trek berpasir, seperti misalnya di trek pasir menuju Mahameru atau Puncak Anjani.

PERLENGKAPAN KELOMPOK:

Tenda

tenda2bdom2bconsina2bmagnum2b4r

Kalau berniat untuk bermalam di atas gunung, tenda merupakan perlengkapan wajib kelompok yang harus dibawa. Tenda digunakan sebagai tempat beristirahat dan berlindung dari cuaca gunung yang ekstrim.

Perlengkapan dan Peralatan Masak: Kompor, Gas, Nesting dan Pisau (Lipat)

kompor-camping-hiking-1
Pastikan dalam kelompok pendakian sudah dibagi tugas siapa saja yang bertanggung jawab atas perlengkapan dan peralatan masak.

Flysheet
Biasanya, flysheet ini saya gunakan sebagai penutup tambahan di antara beberapa tenda, sehingga ada ruang kosong yang cukup luas untuk memasak atau sekedar berkumpul. Selain itu, dalam keadaan darurat (hujan), flysheet ini dapat digunakan sebagai bivak untuk berteduh sementara.

Trashbag

plastic_garbage_bags_0
PENTING!
Selama mendaki pasti kita menghasilkan sampah. Dan trashbag berfungsi sebagai tempat sampah sementara agar kita mudah membawanya turun kembali. Prinsipnya, kalau belum bisa membantu membersihkan gunung yang semakin kotor, minimal jangan tambah lagi dengan sampah yang kita bawa. Kalau kalian melihat tumpukan sampah di sekitar camping ground di atas gunung, itu bukan tempat sampah! Itu adalah ulah pendaki yang tidak bertanggung jawab dan diikuti pendaki tidak bertanggung jawab lainnya. Jangan ikut-ikutan ya.

PS. Gambar-gambar di atas hanya ilustrasi saja yang saya dapat dari Google. Perlengkapan asli saya kebanyakan tidak sebagus dan semahal yang ditampilkan, hehe…

10 thoughts on “My Hiking Gear List: Daftar Perlengkapan Mendaki Gunung

    • sebenernya tergantung medan pendakiannya juga sih, kalo trek tanah pakai sandal menurut saya sudah nyaman, tapi kalo berbatu dan pasir lebih nyaman pakai sepatu, lebih aman. kadang saya bawa dua-duanya, hehe..

      Like

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s